Jumat, 06 April 2012

Usaha sampingan::Bagaimana memilih usaha sampingan

Usaha sampingan, menjadi pilihan bagi kebanyakan orang yang ingin atau baru memulai sebuah usaha, terlebih bagi para pekerja, karyawan atau pegawai yang terkadang sudah bosan dengan rutinitas dikantor atau yang ingin berpindah kuadaran, minjam istilah Robert. T Kyosaki.

usaha sampingan
Dunia kerja
Misalnya tak jarang kita temui seorang guru pergi ke sekolahnya sambil bawa barang dagangan, pakaian dan lain-lain, entah karena memang kebutuhan atau ingin memulai sebuah usaha, namun tentu tidak ada yang salah apapun alasannya, memulai suatu usaha melalui usaha sampingan sah-sah saja.


Bagaimana cara memilih sebuah usaha untuk dijadikan sebagai usaha sampingan?
Pertama yang harus diperhatikan adalah apakah usaha itu bisa kita kerjakan sesuai jadwal kita, fleksibel atau membutuhkan waktu tiap jam, misal membuka warung atau toko kelontong yang harus dijaga terus tentu tidak bisa dijadikan usaha sampingan terkecuali bukanya setelah kita pulang dari kerja.

Kemudian yang kedua apakah kita sanggup melakukan usaha itu, dalam artian apakah kita akan senang menjalaninya tanpa beban atau desakan lainnya? karena tentu kita tidak ingin menambah stres pekerjaan bukan? jadi ketika memilih sutau usaha untuk dijadikan sebagai usaha sampingan ada baiknya kita tahu dulu apakah ada target atau apakah usaha tersebut tidak akan membuat pekerjaan utama kita menjadi terganggu.

Karena apapun usaha atau seberapa baikpun keuntungan usaha itu, jika kita terbebani dalam menjalankannya bukan keuntungan yang kita dapat namun stres dan tentu sangat mengganggu pekerjaan utama kita, apalagi kita masih tergantung dengan pekerjaan utama yang kita jalani, kan sayang tuh?

Yang ketiga dan yang paling penting adalah apakah ditempat kita bekerja tidak ada larangan untuk kita memulai sebuah usaha sampingan? Apalagi jika misalnya kita menawarkan dagangan kita kepada rekan kerja kemudian ketahuan sama bos kan jadi masalah tuh, bisa-bisa gaji kita malah diturunin atau lebih parahnya lagi kita dipecat, rugi kan?

Itulah beberapa yang perlu kita perhatikan dalam memilih usaha sampingan, nah ini ada beberapa yang dapat kita pilih sebagai usaha sampingan, misalnya jualan baju, terserah mau baju anak atau orang dewasa, sepatu, menyediakan buku tulis, jualan pulsa atau memulai bisnis on line.

Nah untuk yang terakhir ini merupakan sebuah peluang usaha yang masih sangat bagus dan sangat dimungkinkan untuk dijadikan sebagai usaha sampingan walopun dalam pekerjaan kita ada aturan yang tidak membolehkan kita membuka usaha.

Tenang aja, ada banyak tutorial yang bisa kita pelajari dengan mencarinya di google, tinggal ketelatenan kita saja. Ok, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar